Manusia Dan Keindahan

Written By Ade Robby Hidayat on Minggu, 27 Februari 2011 | 04.47

Pandangan manusia terhadap keindahan seni.

Manusia pada umumnya senang pada sesuatu keindahan.
Keindahan itu adalah sesuatu yang bisa membuat kita menjadi senang baik jiwa maupun raga atau sering disebut keadaan yang enak di pandang. Keindahan juga dikatakan beauty is in the eye of the beholder atau "keindahan itu berada pada mata yang melihatnya".
Keindahan bisa dilihat melalui lahiriah atau batiniah, secara lahiriah keindahan bisa langsung di pandang dan nikmati begitu saja, misalnya seperti keindahan paras cantik dan tampan seorang manusia, keindahan akan alam, pemandangan gunung, pantai, dasar laut, cahaya kota di saat malam hari, dll. dan secara batiniah bisa seperti perilaku, sikap, perasaan dan semua itu tidak bisa di lihat secara langsung.

Ditulisan ini saya mengambil contoh manusia terhadap keindahan seni.
Kehidupan manusia dari zaman ke zaman tidak terpisahkan dari keindahan.
Manusia dan keindahan tidak bisa dipisahkan karena keduanya berkaitan satu sama lain.
Seni merupakan suatu pengungkapan dari perasaan manusia.
Pengertian keindahan sering mengacaukan pengertian tentang seni, karena keindahan itu sering disamakan begitu saja dengan seni. Yang dapat dikatakan keindahan seni ialah keindahan yang dapat diciptakan manusia.
Pandangan terhadap seni pada saat ini bukan hanya sebatas yang terdapat dari alam tetapi juga hal yang tak tampak dan yang bersifat abstrak, sehingga keindahan menjadi dorongan pemikiran manusia untuk menciptakannya.
Kita sebagai manusia tidak dapat berpaling dari hal tersebut, seni akan mempengaruhi pikiran pembuat ataupun yang melihatnya sehingga terjadi pengungkapan perasaan yang menghasilkan interaksi. Luasnya pandangan terhadap seni memberikan kepuasan bagi pembuat untuk berekspresi menciptakan karya yang mempunyai sifat bermacam-macam seperti naturalis, realis, abstrak, dll.

Ilmu Budaya Dasar (Soft Skill)
Ade Robby Hidayat
17110170
4KA18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar