Rubiks

Written By Ade Robby Hidayat on Sabtu, 21 November 2009 | 11.14

Mungkin diantara teman-teman sudah ada yang tahu apa itu rubiks?..oke sebenarnya saya sudah tahu mainan ini sejak dari kecil hadiah ulang tahun dari ibuku, hehe namanya juga anak kecil jadi kalau dikadoin apa aja seneng, apa lagi hadiahnya berwarna-warni, saya menggemari mainan ini awal mulanya dari salah satu teman kuliahku yang membawa rubiks kekelas, lalu saya pinjam dan saya hanya bisa menyelesaikan 1 layer, nah tidak disangka dikelas saya ada salah satu teman yang bisa menyelesaikan 2 layer, tidak hanya itu dia pun bisa menyelasikan semuanya. dari situ saya semakin penasaran, lalu saya membelinya, setelah 2 hari memutar-mutar mainan itu akhirnya saya bisa menyelesaikannya tapi hanya 2 layer, akhirnya saya pun diberi tutorial oleh temanku yang pernah berhasil menyelesaikannya, akhirnya saya pelajari semua tutorial itu sampai akhirnya saya pun berhasil menyelesaikannya, dengan rasa bangga saya pun mengacak lagi dan menyusunnya kembali terus menerus berkali-kali. Dan akhirnya saya sekarang bisa menyelesaikan hanya dalam waktu 8 menit 23 detik.



Pengertian Rubiks
Rubiks atau bisa di bilang si kotak 6 sisi yang membuat otak kita berputar, setiap sisi terdiri dari sembilan kotak dan semua sisi bisa diputar bebas. Rubiks juga bisa dibilang sebuah teka-teki mekanik ditemukan pada 1974 oleh pemahat dan profesor arsitektur Hungaria Erno Rubik Setiap sisi dari kubus ini memiliki sembilan permukaan yang terdiri dari 6 warna yang berbeda. Ketika teka-teki ini terpecahkan setiap sisi dari kubus ini memiliki satu warna dan warna yang berbeda dengan sisi lainnya.
Kubus ini dibuat kembali pada 1980 dan dipasarkan di dunia Barat pada Mei. Dan dikatakan merupakan mainan paling banyak terjual di dunia, dengan sekitar 300 juta kubus Rubik dan imitasinya terjual.
Rekor tercepat dalam menyelesaikan Kubus Rubik (Rekor Indonesia) berhasil dicetak pada acara HUT MURI (Museum Rekor-Dunia Indonesia) pada tanggal 31 Januari 2007 di Hotel Grand Candi, Semarang. Catatan waktu yang dibukukan adalah 19,33 detik atas nama Abel Brata Susilo.

Speedcubing
Definisi speedcubing adalah menyelesaikan Kubus Rubik dalam waktu secepat mungkin (dihitung waktunya). Di Indonesia sendiri speedcubing belum terlalu populer. Meskipun begitu, ada sekelompok anak-anak muda Jakarta yang memiliki hobi speedcubing, akhirnya sepakat membentuk JRCC (Jakarta Rubik's Cube Club). Visi mereka adalah memopulerkan speedcubing agar sejajar dengan olahraga yang lain seperti catur, billiard, renang, dan sebagainya. Melalui misi mengadakan kompetisi-kompetisi dan kegiatan-kegiatan speedcubing baik yang bertaraf lokal maupun internasional. Sekretariat dan Pusat Pelatihan JRCC beralamat di LTC (Lindeteves Trade Center) Glodok, Lantai UG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar